SMAN 11 Tana Toraja, Pelaksanaan Sumatif Akhir Semester Tahun Pelajaran 2023/2024

Tanggal 27  – 31 Mei 2024 merupakan rentang waktu untuk mengukur kemampuan peserta didik di sekolah, sebagai hasil akhir pembelajaran di semester 2 Tahun Ajaran 2023/2024. SAS genap dilaksanakan secara online di sekolah dengan menggunakan google form yang sudah terjadwal pada kalender pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Pada tanggal tersebut para siswa berjuang dan bertarung dengan soal yang dikerjakan secara online. sedangkan bagi guru penilaian atau asesmen merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar dan capaian perkembangan atau hasil belajar anak didik yang dipersiapkan untuk capaian kompetensi di kelas berikut.

SMAN 11 Tana Toraja melaksanakan kegiatan pencapaian kompetensi akhir  tersebut  telah melaksanakan Kurikulum Merdeka sebagai dasar hasil capaian setiap fase pembelajaran. Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) disusun sesuai dengan tema yang telah dipelajari. Sumatif Akhir Semseter (SAS) Genap Tahun Pelajaran 2023-2024 merupakan  kegiatan yang dilakukan di akhir Semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi seluruh peserta didik pada akhir tahun. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang mempresentasikan kompetensi dasar pada semester genap.

Sedangkan, Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS)  genap diikuti oleh siswa kelas X dan XI. Soal SAS genap ini juga disusun oleh guru di masing-masing jenjang kelas sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan dan soal-soal dikerjakan secara online. Asesmen ini dilakukan di akhir proses pembelajaran untuk mengetahui pencapaian tujuan pembelajaran yang dapat diperhitungkan sebagai laporan kemajuan belajar siswa, dalam bentuk nilai atau deskriptif. Asesmen ini berfungsi untuk mendapatkan umpan balik secara menyeluruh utamanya dari orang tua, sehingga proses kegiatan belajar pada semester atau tahun ajaran berikutnya lebih baik lagi.

Kegiatan pelaksanaan kompetensi akhir dijenjang SMAN 11 Tana Toraja  bertujuan untuk mengukur atau memperoleh informasi tentang kemampuan peserta didik. Tes online berbentuk pilihan ganda. Hasil dari SAS Genap menjadi salah satu dasar bagi guru untuk menghitung nilai rapor yang akan menentukan kenaikan siswa ke kelas pada jenjang kelas/fase berikutnya, dengan begitu standar pengelolaan penilaian akan jelas dan terukur, sehingga bisa dijadikan instrumen peningkatan mutu khususnya pendidikan di SMAN 11 Tana Toraja.

Melalui capaian proses penilaian kompetensi akhir tersebut agar guru dapat menginput informasi secara holistik sebagai umpan balik untuk pendidik, peserta didik, dan orang tua, dapat memandu mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya, menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen agar efektif mencapai tujuan pembelajaran,Laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif, memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang dicapai serta strategi tindak lanjutnya. 

Secara keseluruhan hasil assesmen belajar anak didik selama satu tahun pelajaran terlihat dari Penilaian hasil belajar oleh pendidik  meliputi proses pengumpulan informasi/bukti tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam 3 aspek terdiri dari aspek sikap, pengetahuan, dan  keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar.

Hasil penilaian sikap oleh pendidik disampaikan dalam bentuk predikat atau deskripsi. Hasil penilaian sikap digunakan sebagai pertimbangan pengembangan karakter peserta didik lebih lanjut. Penilaian pengetahuan dilakukan melalui tes tertulis, tes lisan, dan penugasan sesuai dengan kompetensi yang dinilai. Penilaian keterampilan dilakukan melalui unjuk kinerja/praktik, produk, proyek, portofolio dan/atau teknik lain sesuai dengan kompetensi yang dinilai. Penilaian keterampilan melalui praktik dilakukan dengan mengamati kegiatan siswa saat melakukan praktikum/percobaan dan pemaparan hasil percobaan.

Pada Kurikulum Merdeka manfaat asesmen sumatif memudahkan guru dalam menentukan nilai atau grade setiap anak didik sebagai umpan balik bagi guru, menentukan kenaikan kelas/fase atau kelulusan di jenjang pendidikan,  informasi kemajuan belajar siswa sekaligus bahan laporan ke orang tua dan tenaga kependidikan lainnya. Pemerintah sudah mengatur pembelajaran dan asesmen dalam Kurikulum Merdeka secara lengkap dan detail berdasarkan Permendikbudristek No. 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Standar kompetensi lulusan merupakan kriteria minimal tentang kesatuan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang menunjukkan capaian kemampuan peserta didik dari hasil pembelajarannya pada akhir jenjang pendidikan. Dengan harapan, pembelajaran dan asesmen yang telah diatur ini dapat menjadi acuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang bermakna sehingga dapat menciptakan siswa yang lebih kreatif, berpikir kritis, dan inovatif dengan prinsip-prinsip dasar asesmen Kurikulum Merdeka yang harus diperhatikan guru adalah bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik, sebagai umpan balik untuk pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali.

Penilaian akhir pada satuan pendidikan bermanfaat dalam mengumpulkan, mengkaji, dan menggunakan informasi mengenai program-program pendidikan yang dilakukan sehingga dapat meningkatkan dan mengembangkan pembelajaran dengan memperhatikan seluruh aspek yang akan diukur agar mampu memberikan gambaran sasaran yang dituju dengan tepat. Guru memiliki peran krusial dalam meningkatkan kualitas pendidikan oleh karena itu, guru mampu mengembangkan alat asesmen yang baik. Alat asesmen yang dikembangkan kemudian diharapkan mampu memetakan kompetensi yang telah dicapai anak didik secara akurat dapat membantu guru untuk memperjelas pencapaian dan tujuan dari pembelajaran, menerapkan materi pembelajaran dalam kehidupan nyata dan memberikan kesempatan bagi setiap anak didik untuk menunjukkan kemampuan serta keterampilan masing-masing.

Semangat untuk anak didik SMAN 11 Tana Toraja!

Selamat mengerjakan soal,Semoga sukses dan lancar!

“Perjuangan Hidup tak Selamanya Memihak Kepada Yang Kuat dan yang Tercepat, Tetapi Cepat atau Lambat yang Menjadi Pemenang adalah yang Siap Memperjuangkannya”

Penulis: Andarias Lowis, S.Sos.,S.Pd. adalah ASN Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang bertugas sebagai guru Sosiologi sejak 17 Mei 2022 di SMAN 11 Tana Toraja.

Kontak


Alamat :

Jl. Poros Mamasa Bittuang Lembang Pali

Telepon :

085299833028

Email :

smanegeri11tanatoraja@gmail.com

Website :

https://www.sman11tanatoraja.sch.id/

Media Sosial :

Banner